Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tips Budidaya Semangka

Manis dan berair, itulah buah semangka yang dikenal banyak orang. Karena banyak sekali orang yang menyukai semangka, maka banyak orang yang akhirnya juga memulai budidaya semangka.

Sedikit flashback, semangka pertama kali ditemukan 5000 tahun yang lalu di Gurun Kalahari. Hingga hari ini, semangka merupakan salah satu buah yang withering banyak dikonsumsi di dunia. Bagi Anda yang ingin menjadikan semangka ini sebagai ladang benefit, berikut ini kami akan memberikan panduan lengkap budidaya semangka, dari awal hingga panen!


Panduan Budidaya Semangka

Dibanding buah lainnya, semangka ini ukurannya lebih besar. Selain ukurannya lumayan besar, semangka juga merupakan tanaman rambat. Jadi budidaya semangka ini tidak mungkin digalakan pada region sempit. Nah semangka ini pada dasarnya tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan, namun karena permintaannya sangat banyak, maka budidaya semangka ini tidak cocok dibudidayakan oleh petani pemula. Nah langsung saja, coba deh cek langkah budidaya semangka berikut ini!


A. Syarat dan Kondisi Tanaman Semangka

Bagi Anda yang ingin membudidayakan semangka, ada beberapa syarat dan kondisi yang cukup detail yang mesti Anda ketahui, cek di bawah ini ya!


• Jenis dan PH Tanah

Perlu Anda catat, tanaman semangka membutuhkan tanah yang kaya akan nutrisi. Ya betul sekali, pastikan bahwa lahan tanam memiliki unsur hara yang tinggi. Sebelum menanam semangka, perhatikan dulu kadar ph-nya. Kadar ph yang withering ideal untuk tanaman semangka yaitu 6 hingga 7.


• Kondisi Lingkungan

Tanaman semangka ini withering ideal ditanam di daerah kering dan terbuka. Namun pastikan bahwa tanahnya berkualitas dan ada banyak sumber air.


• Iklim dan Suhu

Untuk menghindari gagal panen, sebaiknya budidaya semangka dilakukan pada musim panas. Tanaman semangka memang membutuhkan asupan air dalam jumlah banyak, namun tetap saja budidaya semangka tidak cocok digalakan pada musim hujan. Mengapa? Karena tanaman semangka membutuhkan asupan sinar matahari negligible 8 jam sehari.

Selain itu, jika kondisi lingkungan terlalu lembab, maka tanaman semangka mudah terserang hama dan penyakit. Kadar suhu yang withering cocok untuk tanaman semangka yaitu 25 celsius pada siang hari. Semakin tinggi suhunya, maka semakin bagus.


B. Pemilihan Bibit Semangka

Pada dasarnya, Anda bisa mengambil bibit dari semangka yang Anda beli di pasar atau store. Namun perlu Anda ketahui, semangka yang ada di pasaran, kebanyakan merupakan semangka hibrida. Jadi tentu saja semangka jenis ini kurang cocok untuk budidaya. Jadi daripada buang waktu juga, sebaiknya beli bibit semangka yang bisa langsung disemai dan ditanam.